Senin, 09 Agustus 2010

KEBODOHAN ITU


Sahabat, maafkanlah, ini hanyalah sebuah inspirasi ketika duduk dalam kesendirian, bukan untuk mengguruimu, tetapi semata adalah untuk menyadarkan diri sendiri yang masih dalam ketidaksadaran. Menyadarkan diri untuk melepaskan nafsu-nafsu yang selalu mengikuti….

Aku percaya bahwa setiap manusia pasti punya rasa tidak suka kepada orang lain untuk alasan yang nggak penting. Namun, menurutku, rasa tidak suka kalau dibiarkan terus bikin suasana hati nggak tentram juga. Maka aku selalu punya cara jitu khusus menghilangkan rasa tidak suka ini. Yaitu justru dengan mendekati orang-orang yang aku benci dan paling akhir aku menulisnya.

Kalau memang aku salah, jangan lantas menyalahkanku, karena nanti anda akan ikut bersalah, sebab aku akan membela diri. Namun tolong ajari dan benarkan ! Maka aku tak segan akan berterimakasih……

Aku dalam menjalani kehidupan ini pastilah akan bergaul atau menemui orang dengan berbagai sifat dan kepribadian. Aku tak bisa menghindarinya dalam perjalanan pergaulan ini banyak memberikan pembelajaran kepadaku. Siapapun ia dan bagaimanapun keadaannya aku tak perlu takut untuk menerimanya.

Tidak perlu menilai apalagi sampai menghakimi. Seakan-akan kita adalah sang yang paling benar sehingga penuh kesombongan selalu melihat orang yang bersalah adalah orang yang rendah dimata kita_dengan kata lain memandang rendah! Belum tentu, kita yang menilai adalah yang paling benar, justru yang ada seringkali salah. Karena isi hati siapa yang bisa tahu dan menilai?

Setelah berfikir maka aku dengan bijak untuk selalu menengok kedalam diri ini ,mengamati dan menginsyafi kesalahan apa yang terjadi pada diri sendiri. Bukannya sibuk melihat keluar dengan pengamatan tajam untuk melihat kesalahan orang lain sebagai bahan tertawaan dan merendahkan. Lebih baik diam apabila tak bisa memberikan solusi, daripada hanya pintar mengkritisi.

Mungkin setelah membaca ini, ada yang salah memahami maknanya.
kalau memang menurut anda apa yang ku tulis adalah salah dan basi _ karena aku juga tidak berani mengklaim bahwa apa yang aku tulis 100% adalah benar _, maka janganlah memaksakan diri untuk membacanya. Apalagi sampai menjadi bahan pemikiran kalau memang aku telah salah menulis, jangan lantas menyalahkanku, namanya sebuah pelampiasan, kalau ada yang merasa sudah benar, tolonglah ajari aku.
Nah , bingung, kan?!

Semoga tersadarkan, bahwa aku adalah orang yang selalu bersalah dan paling bodoh!

Tidak ada komentar: